Sabtu, 05 Mei 2018

Menjajal Sensasi Bolu Susu Merapi Yang Bikin Lumer Hati

Bicara kreativitas memang tiada habisnya. Apalagi kreativitas di bidang kuliner. Beberapa waktu belakangan mencuat kue artis dan aneka jenis produk kuliner yang digawangi selebritas ibukota. Meski harganya kurang ramah di kantong, tapi antreannya panjang mengular. Baru-baru ini, hadir es kepal yang bikin hati meleleh.

Jogja surganya kuliner. Setiap bulan pasti ada saja inovasi makanan dan minuman baru. Industri kuliner di Jogja sangat dinamis dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Secara Jogja merupakan destinasi wisata favorit. Banyak anak muda dan tempat nongkrong yang asyik di sini. Apalagi di era digital seperti sekarang ini bermunculan food influencer, foodblogger, dan foodvlogger yang siap mereview anake jenis kuliner dan menjadikannya trending topic. Tak dapat dipungkiri hal tersebut menjadikan industri kuliner di Jogja berkembang pesat. 

Yups benar sekali bisnis kuliner merupakan bidang usaha yang sangat menjanjikan. Sudah banyak kisah sukses pengusaha kuliner yang merintis bisnisnya di kota yang terkenal akan kelezatan gudegnya ini. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri menilai sektor kuliner masih menjadi primadona di kalangan pengusaha kecil menengah. Dari 83.000 bidang usaha, 50% di antaranya didominasi industri bidang kuliner. Selain memunculkan varian rasa yang baru serta unik, sektor ini juga menyerap tenaga kerja dengan memanfaatkan sumberdaya lokal, mendorong perekonomian daerah. 

Nah sobat Muda masih terkait dengan cerita di atas, kali ini saya akan membagikan kisah anak muda Jogja yang inspiratif dan turut meramaikan industri kuliner (penganan) tanah air. Bersama partnernya semasa kuliah, anak muda ini merintis usahanya di dunia persilatan kue yang serba kompetitif. Rivalitas bukan harga mati! Anak muda ini justru tertantang untuk berinovasi. Berbisnis bukan hal baru baginya. Bisnis kuliner yang saat ini dia kembangkan merupakan usahanya yang kesekian. Berbekal ilmu tentang branding, advertising, dan pengalaman di dunia bisnis menjadikan anak muda ini optimis bahwa ide-ide dan produknya akan diterima masyarakt luas. Siapakah anak muda itu? 

***
Pagi menjelang siang, Sinergi Cowork and Network Space Yogyakarta nampak mulai ramai. Beberapa panitia di meja registrasi menyambut ramah para tamu undangan yang hadir. Beberapa tamu yang hadir sibuk dengan kamera yang ditentengnya, membidik venue dan gelaran kue yang menggoda lidah. Sebagian yang lain memilih ngobrol dengan sejawat dan kenalannya. Ada yang bergerombol di pojokan, ada juga yang menyendiri, mungkin jomblo!

Ya, hari itu tanggal 2 Mei 2018 sebuah brand lokal mengundang rekan media dan food influencer dalam sebuah acara bertajuk Gathering Media & Press Conference Bolu Susu Merapi. Melalui talkshow interaktif dengan sang owner, acara tersebut bermaksud memperkenalkan Bolu Susu Merapi sebagai penganan Jogja yang mampu diterima semua kalangan. 

Tak jauh dari stage, terdapat meja dengan kue-kue yang sudah terpotong cantik. Ada juga yang masih utuh dikemas dalam packaging manis. Menimbulkan kesan premium dan berkelas. Dilihat dari teksturnya, kuenya pasti lembut di lidah. Kue tersebut dilapisi toping keju yang tak kalah menggoda. Saya juga mencium aroma susu yang sangat kental. Mendadak perut yang meronta. Tak kuasa ingin menjajal sensasinya walau sepotong saja. 
Hatiku Meleleh Liat Toping Keju. Dokumentasi Pribadi.
Kamu Tim Cokelat Keju atau Vanilla Keju? Dokumentasi Pribadi
Kue-kue tersebut tak lain adalah jenis penganan bolu. Bukan sembarang bolu, bolu kekinian pastinya semoga bisa menjadi bolu terhits di Jogja. Kenapa sih bolu? Bolu kan makanan jadul? Kenapa tidak menjajal inovasi di bidang cheese cake saja? Bolu susu, enak enggak nih? Tapi teksturnya lembut mirip cheese cake! Hey ada dua varian rasa, vanilla dan cokelat keju! Mahal enggak ya? Saya semakin dibuat penasaran. 

Tak berselang lama acara segera dimulai. Seorang seorang MC hadir di stage sembari memperkenalkan dua sosok dibalik Bolu Susu Merapi. Keduanya masih muda, yang satu wanita dan satunya pria. Sang pria bernama Sandy Sevenova, sedang sang wanita bernama Anggia Pino. Sebelumnya Sandy pernah berpengalaman sebagai nutrisionist di salah satu brand susu terbesar di Indonesia, kini Sandy bertanggungjawab di bidang produksi/operasional di Bolu Susu Merapi. Pengetahuan di bidang "persusuan" memang cukup mumpuni. Tak heran Sandy mampu meracik kue bolu dengan kandungan dan aroma susu yang sangat menggoda.
Adapun Anggia Pino adalah sosok dibalik lahirnya Bolu Susu Merapi. Anak muda asli Jogja ini merupakan womanpreneur yang telah menggeluti berbagai bisnis, di antaranya pernah terjun di bidang property, kosmetik, dan lain-lain. Sangat menarik. Meski baru pertama bertemu, saya merasakan keramahan Anggia Pino. Penampilannya bersahaja dan sikapnya sangat low profile. Tipikal yang mudah berbaur dengan semua kalangan.
"Saya ini susah kalau minum. Kalau orang lain gampang. Minum langsung glek...glek...glek. Lha saya ini tergolong susah. Minum air putih aja lama dan dikumur-kumur. Apalagi kalo minum susu. Dulu saya sering diomelin karena susah minum susu, dari situ saya mikir gimana ya caranya minum susu tapi enggak kayak minum susu. Akhirnya ngobrol dengan Mas Sandy, saya mencoba bikin bolu susu."
Demikian alasan kenapa Anggia berinovasi menciptakan bolu susu. Karena susah minum air susu ternyata!
"Kenapa bolu? Jadi gini...bolu itu di dunia persilatan kue tergolong paling gampang. Teksturnya paling empuk dan mudah sekali dibuat. Di lidah pun enggak terlalu berat ketika dikunyah. Gampang diterima siapa saja. Akhirnya karena Mas Sandy berpengalaman di bidang persusuan kenapa enggak bikin bolu susu?"
Untuk membuat cita rasa terbaik dari bolu susu ini, Anggia dan Sandy harus bereksperimen berkali-kali dan riset itu memakan waktu berbulan-bulan. Melelahkan memang, tapi juga menantang. Kenapa Bolu Merapi? Gunung Merapi merupakan ikon kebanggan Jogja bahkan Jawa Tengah. Di kaki Merapi banyak terdapat peternakan sapi yang menghasilkan air susu berkualitas. Anggia ingin meng-highlight dan mengasosiasikan Merapi ke dalam brand Bolu Susu miliknya. Bolu Merapi Kesannya kan lebih lokal, kalau ingat Merapi pasti ingat Jogja. Bukan kue artis! Bolu Susu Merapi Bolune Wong Jogja!
Dua varian Bolu Susu Merapi : Rasa Cokelat dan Vanilla. Dokumentasi pribadi
Semua orang tau kalau kandungan segelas susu segar memiliki berjuta manfaat. Susu baik untuk meningkatkan tulang, menjaga kesehatan gigi, membantu pembentukan otot, menurunkan kadar kolesterol LDL, mengatasi gangguang lambung, dan banyak lagi manfaat yang lain. Namun tak semua orang doyan susu. Ada yang mual  dan muntah kalau minum susu. 

Bolu Susu Merapi dapat dikatakan inovasi bagi mereka yang tidak doyan minum susu dalam bentuk cair. Dalam setiap box Bolu Susu Merapi 100 gram susu murni yang mampu memenuhi nutrisi harian tubuh. Boleh dicoba nih Bunda, bagi anak-anak yang enggak doyan minum susu. Dulu waktu saya kecil  ada tagline permen yang bunyinya gini, "7 permen atau 3 loli M*lkita setara dengan segelas susu. Zaman now, 1 box Bolu Merapi = 100 gram susu murni! 

Nah apa saja sih keunggulan Bolu susu Merapi ini? 
TANPA BAHAN PENGAWET

Bolu Susu Merapi dibuat tanpa bahan pengawet. So pastinya daya tahannya maksimal 3 hari jika berada di suhu ruang dan 5 hari jika berada di kulkas. Itu beda Bolu Susu Merapi dengan cake kekinian lainnya. Saya justru merasa lebih aman pada produk makanan tanpa bahan pengawet. Tubuh kita sudah terkontaminasi banyak racun. Apa jadinya kalau kita mengonsumsi makanan/minuman yang banyak bahan pengawet. Sesekali sih boleh. Keseringan jangan! 

Karena tidak berbahan pengawet alangkah lebih baik bolu susu dimakan saat itu juga. Bisa juga dimakan rame-rame bareng teman, saudara, dan keluarga. Karena berbagi itu bikin happy. Kalau punya kulkas sih enggak masalah kali ya. Sisain beberapa potong untuk dimakan, selebihnya masuk kulkas buat besok dan lusa. 

Saya sendiri lebih suka yang rasa cokelat. Ya saya pecinta cokelat dan kopi. Di lidah saya manisnya pas dan ada sensasi cokelat susu kejunya jadi kerasa tasty. Pas saya bagi Bolu Cokelat saya ke teman-temen kos, mereka kalap. 

"Ih ini aku kirain brownies, ternyata bukan. Lembut banget kuenya mirip cheesse cake. Enggak bikin seret" Komentar salah satu teman saya saat mencoba Bolu Susu Merapi. 

Tak butuh waktu lama, satu bolu susu rasa cokelat tersebut ludes tak tersisa. Satu hal yang menurut saya kurang dari Bolu Susu Merapi. KURANG BANYAK!!! Besok-besok beli lagi dah!

REVIEW KEMASAN

Meski baru diluncurkan, kemasan Bolu Susu Merapi sudah oke. 

Terkadang orang kalau beli produk melihat kemasannya cantik enggak. Apalagi kalau cewek, mesti liat kemasanya seperti apa. Cocok enggak dijadikan oleh-oleh ke orangtua, pacar, calon mertua, sahabat, dan sebagainya. Di dalamnya juga sudah dilengkapi pisau potong berbahan plastik.

Ini bukan kue artis tapi kemasannya udah ciamik. Saya suka pilihan font-nya. Artistik. Udah bagus kok overall, saya punya masukan untuk ke depannya ada box yang logonya timbul, jadi ada teksturnya ketika disentuh. Kedua, bikin inovasi box yang ada plastik mikanya (cuma saran). Biar bisa dilihat tampilan dalamnya dari luar, tanpa harus membuka box sebelum dibeli konsumen.

Overall untuk kemasan saya kasih skor 4/5.
REVIEW RASA DAN AROMA

Secara tekstur lembut. Apalagi yang varian vanilla keju, udah kayak cheese cake aja. Yang cokelat pun demikian. Jujur saat saya icip-icip bolu yang rasa cokelat, saya jadi keinget permen susu M*lkita. Kedua bolu susu tersebut enggak bikin seret. Jadi enak buat nelen. Kejunya juga tumpeh-tumpeh (banyak) sampai jatuh ke dasar box. Perpaduan rasa keju, vanilla, susu dan keju, cokelat, susu itu yang bikin beda. Asli pas, enggak terlalu manis. Cocok dijadiin teman sarapan pagi. 

Dari segi aroma, aroma susunya nendang. Kejunya aja kalah lho sama aroma susu. Aroma bolu vanilla lebih kerasa dibandingkan cokelat (menurut saya lho ya). Lagi-lagi proporsinya pas antara aroma dan rasa yang ditawarkan. Jangan keseringan makan bolu ini. Awas bikin nagih!!! Ketagihan Bolu Susu Merapi bukan tanggungjawab saya hahaha. 

Saran saya ke depan terkait rasa dan aroma apa ya? Hmmmm...saya malah pengin kalau ada varian baru semacam rasa dan aroma pandan atau matcha. Misal lho ya. Mungkin bisa yang lain. Siapa tahu ada yang enggak suka rasa dan aroma vanilla atau cokelat. Nanti konsumen bisa milih variasi rasa dan aroma yang lain. Misal nih ada event ulang tahun, konsumen bisa pesan rasa tertentu dengan harga tertentu pula. 

Sensasi bolu susu merapi membuat hati saya lumer. Overall, untuk urusan rasa dan aroma saya kasih skor deh 4/5.
REVIEW HARGA

Tahu berapa harga 1 box Bolu Susu Merapi? Satu box cuma Rp 28.000 saja murah kan. Kalau kamu misal nih bawa uang Rp 100.000, kamu bisa dapat 1 kue artis, kalau Bolu Susu Merapi kamu dapat 3 box, sisanya bisa buat beli cilok plus bayar Kang Parkir. 

Bolu Susu Merapi menjual produknya dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Apalagi buat mahasiswa yang setiap akhir bulan makan 1 bungkus indomi sudah alhamdulilah. Ini kabar gembira Sob buat kamu. Kenapa dijual dengan harga segitu? Bolu Susu Merapi mengusung tagline "berbagi dengan Hati." Sang owner, Anggia Pino memiliki mimpi berbagi cita rasa dengan harga terjangkau dan logis untuk sebuah produk yang kaya akan nutrisi. Dengan Rp 28.000 kamu bisa bawa pulang kue dengan cita rasa premium. 

Masukan dari saya, kan bentar lagi Ramadhan. Mungkin Bolu Susu Merapi bisa bikin paket khusus lebaran atau paket bolu susu kering dalam toples (lebih awet) dengan harga yang variatif.

Overall untuk harga saya kasih skor 5/5.
Peluang Bisnis dan Kemitraan Bolu Susu Merapi.

Bagi kamu yang tertarik ingin menjadi mitra Bolu Susu Merapi bisa kok. Kamu tinggal hubungi CS-nya di nomor : 0811 27 4444 99. Karena Bolu Susu Merapi based on home industri, maka saat ini belum memiliki gerai resmi. Tapi tenang saja, kata Anggia, kamu bisa mendapatkan bolu ini melalui event-event expo yang diadakan di mall, kampus, dan sebagainya. Pantau aja social media Bolu Susu Merapi di bawah ini. Dengan menjadi mitra, kamu akan beragam manfaat seperti diskon, program prioritas, dan masih banyak lagi. 
Launching Bolu Susu Merapi.

Terakhir Bolu Susu Merapi akan mengadakan Grand Launching di Atrium Lippo Plaza Jogja. Ini kesempatan buat kamu yang enggak bisa hadir di acara Media Gathering. Saat Grand Launching tanggal 6 Mei 2018 dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB, kamu bisa icip-icip sekaligus beli Bolu Susu Merapi seharga Rp 28.000. Wow! Catet ya ada dua varian bolu susu yang lazisss abis. Nyesel kalau enggak kebagian.

Tidak hanya itu, setiap kamu beli satu box seharga Rp 28.000, kamu bisa dapat 1 box lagi gratis! Promo buy one get one free. Plus kamu dapat 1 kupon undian berhadiah motor, mesin cuci, kulkas, voucher, dan home appliances lainnya. Kurang baik apa coba owner-nya.

Kuy besok cabut ke Atrium Lippo Plaza Jogja, buat ngerasain bolu lokal yang  ngangenin. Bolu Susu Merapi, sensasi rasa plus hadiah-hadiahnya sudah bikin lumer nih hati!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar