Senin, 13 Juni 2016

Hokben : Sajikan Menu Halal dan Berkualitas

Sekitar 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 4 Juni 2016, saya dan rekan-rekan blogger jogja mendapat kesempatan menghadiri undangan diskusi menu halal yang diadakan oleh Hokben atau Hoka-Hoka Bento. Hokben yang dimaksud adalah Hokben cabang Kaliurang. Dalam kesempatan tersebut, Hokben mengundang perwakilan dari MUI, Ibu Osmena Gunawan selaku wakil direktur LPPOM MUI pusat. Lumayan nih saya bisa dapat ilmu tentang produk atau menu halal. 

Hokben sendiri merupakan gerai makanan siap saja bergaya Jepang. Hokben adalah brand lokal yang sudah yang cabang sudah ada di mana-mana. Hingga saat ini tercatat ada 150 gerai di Indonesia. Di Jogja sendiri ada 3 gerai. Selain gerai yang berlokasi di Jalan Kaliurang ini, ada juga Malioboro Mall dan Ambarukmo Plaza. So jika kamu main-main ke Malioboro, jangan lupa sempatin mampir di gerai Hokben yang ada di Malioboro Mall.

Ternyata Hokben berdiri Hokben berdiri sudah cukup lama. Usianya kini menginjak 21 tahun. Wuihhh. Hokben pertama berdiri pada tanggal 18 April 1985 di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Nah asal mula konsep jepang karena sang pendiri, Bapak Hendra Arifin melihat makanan siap saji bernuansa Jepang masih sangat jarang pada saat itu. Maka tercetuslah sebuah gagasan membuat restoran siap saji bergaya Jepang. Restoran pertama berlokasi di Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Salah satu misi Hokben yakni menjadikan Hokben sebagai gerai makanan siap saji bergaya Jepang Terbesar di Indonesia.
Tahun 2007 peluncuran Call Center Hokben. Dokumentasi Pribadi : @ArintaSetia
Ekspansi bisnis Hokben cukup terbilang bagus meskipun dulu pernah terkena dampak krisis moneter 1998. Namun hal tersebut tak menghalangi Hokben untuk terus tumbuh dan melaju. Terbukti bukan Hokben memiliki gerai hingga 150. 
Menu-menu yang ada di katalog Hokben. Dokumentasi Pribadi : @ArintaSetia
Baiklah saya akan sedikit bercerita tentang sejarah singkat Hokben. 
  • 1985. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, di tahun inilah awal Hokben berdiri.
  • 1990. Hokben membuka cabang di Bandung dan memiliki 20 cabang di berbagai lokasi di Kota Bandung.
  • 2005. Cabang pertama dibuka di Surabaya. Sekarang ada 11 cabang yang tersebar di berbagai lokasi di Kota Surabaya. 
  • 2007. Call Center 500505 ditetapkan sebagai kontak pesan antar Hokben
  • 2009. Memperkenalkan Hokben Drive thru yang berlokasi di Alam Sutera, BSD Square (tangerang), Harapan Indah (Bekasi), dan Polisi Istimewa (Surabaya). 
  • 2010. Memperluas cabang ke Jawa Tengah, DIY, dan Bali
  • 2012. Peluncuran HOCAFE dan sistem bayar menggunakan debit atau credit card dan multi cashier-service. 
  • 2013. Mulai 15 Oktober 2013, Hoka-Hoka Bento hadir dengan nama baru : Hokben. Tampilan baru tersebut tentunya menawarkan pelayanan dan nuansa yang lebih segar dan bersahabat. Sumber hokben.co.id.  
Logo hokben pun mengalami metamorfosis. Logo di bawah ini meruapakan logo pertama Hokben dan berlaku dari tanggal 18 April 1985 hingga 14 Oktober 2013.
 Logo berikutnya adalah logo yang berlaku mulai 15 Oktober 2013 hingga sekarang
Berbagai penghargaan yang pernah diraih Hokben. Dokumentasi Pribadi. @ArintaSetia
Sampai saat ini Hokben berupaya memberikan yang terbaik buat pelanggannya. Memberikan jaminan mutu bahwa produk Hokben berkualitas dan halal adalah salah satunya. Untuk itulah Hokben mengajukan sertifikasi Halal ke LPPOM MUI. 
Osmena Gunawan memaparkan tentang bagaimana sertifikasi produk halal. Dokumentasi pribasi :@ArintaSetia
Untuk mendapat sertifikasi halal, sebuah vendor makanan harus memastikan bahwa produknya tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan menurut Allah. Seperti mengandung babi, memabukkan, berbahaya bagi kesehatan tubuh, darah, bangkai, dan hewan yang disembelih tidak atas nama Allah. Selain bahan-bahannya, bagaimana proses pengolahan sebuah produk menjadi tolok ukur penilaian LPPOM MUI. 
Hokben Halal Menurut MUI. Dokumentasi pribadi : @ArintaSetia
Hokben Halal? Why? Hokben sudah jelas halal. Ibu Osmena memaparkan bahwasanya Hokben telah memenuhi 11 kriteria sistem jaminan halal (SJH). Bahkan sertifikat halal yang dimiliki Hokben mendapat rating A atau Excellence. Sungguh luar biasa. 

Tentunya untuk mendapat sertifikat halal dari MUI tidak mudah pemirsa. Ya itu tadi karena ada prosedur dan wajib memenuhi 11 kriteria halal. Apa sajakah kriteria tersebut? Let check these out
  • Kebijakan halal
  • Tim manajemen halal
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Bahan
  • Produk
  • Fasilitas produksi
  • Prosedur tertulis untuk aktivitas kritis
  • Penanganan produk untuk yang tidak memenuhi kriteria
  • Traceability (mampu telusur)
  • Internal audit
  • Kaji ulang manajemen
Hokben pun sangat selektif memilih pemasok. Semua bahan baku harus berkualitas. Dari bahan yang sederhana sekalipun seperti bawang bombay. Bawang bombay yang dipilih hokben memiliki kandungan air sedikit sehingga ketika diolah pun masih terasa crunchy. Bagi Hokben, kualitas bahan dan produk adalah nomor satu.

Sekarang saatnya saya menikmati menu Hokben. Nyam...nyam dulu. Eh jangan lupa ya mampir di websitenya hokben di hokben.co.id. Ada promo bento Ramadhan lho khusus selama Ramadhan ini. Yuks mampir!
Nyam nyam dulu. Dokumentasi pribadi : @ArintaSetia
Terima kasih Hokben.
Hokben dan Blogger Jogja. Dokumentasi : Atanasia Ryan.

9 komentar:

  1. Resto ini juga digemari anak2...soalnya sering dapet hadiah mainan...

    BalasHapus
  2. Anakku suka banget ama hokben, dia suka nasinya yang pulen banget, kalau aku paling suka saladnya, mayonaisenya tuh beda

    BalasHapus
  3. Ehh saya baru tahu kalo HokBen udah ada di Bandung dari tahun 1990.

    BalasHapus
  4. saya baru tahu kalau ternyata Hokben punya orang Indonesia. Saya dari kemarin menyangkanya, punya orang Jepang hehe. Soalnya brand nya ngarah ke sana sih. tapi keren dengan brand semacam itu, orang-orang jadi ttertarik dan banyak yang suka, karena brand Jepang kan emang udah terkenal banget.

    BalasHapus
  5. Ahi hi hi sepertinya saya belum pernah coba nih makanan dari hokben jadi penasaran saja nih mbak, tapi sayang ditempat saya belum ada hokben.

    BalasHapus
  6. Rin, tapi tapiiii knapa menu paket abcd yang dulu murce jdi diilangin ya ama hokben hihihi
    Padahal aku klo ke hokben nhincernya ituh
    #anaknya irits

    BalasHapus
  7. enak banget bisa makan bareng gitu di hokben, jadi ingat pertama dulu makan di hokben bingung sendiri karna ngga dikasi sendok *udik :D

    BalasHapus
  8. wuahhh arinta, ini pas banget ada lombanya lho, aku suka hokben, apalagi saladnya, uenakkk

    BalasHapus