Minggu, 01 November 2015

Kala Senggang Ini yang Saya Lakukan

Apa yang kamu lakukan jika kamu lagi enggak sibuk alias punya banyak waktu luang atau weekend tiba? Hah! jangan bilang kegiatanmu cuma makan, nonton TV, atawa mantengin facebook. Yah enggak apa-apa sih kalau facebookmu itu bisa dimanfaatkan buat monetize alias menghasilkan uang (misal kamu jualan produk via social media) atau berbagi sesuatu yang bermanfaat. Lha kalau facebook atau social media cuma kamu gunakan buat update status galau sekaligus stalking mantan #Eh or mantengin gebetan yang enggak jelas juntrungnya bakalan ke pelaminan atau enggak kan buang-buang waktu dan energi tuh #halah.

Mendingan ya spirit dan energi muda yang kamu miliki, kamu manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang berdampak positif. Apa saja itu? Misal, belajar tutorial CorelDraw & Photoshop via youtube (kalau kamu benar-benar serius bisa di-expertise tuh skill desainmu), membuat DIY creative craft (lumayan kan kalau bisa dijual), belajar copywriting dan internet marketing pada seseorang yang dianggap berpengalaman di bidang tersebut, join komunitas hobi di daerahmu, belajar memasak, membaca novel atau buku inspiratif, dan masih banyak lagi daftar hal positif yang bisa kamu lakukan kala senggang. Apalagi buat yang masih jomblo  sedang melakukan pencarian jati diri seperti saya. Boleh tuh dicoba!

Nah Kalau Arinta sendiri apa yang dilakukan kala senggang? Kalau jaman saya masih jadi organisator di UKM (unit Kegiatan Mahasiswa) tahun 2013-2014, saya suka sekali menggarap event alias jadi panitia. Melalui organisasi saya belajar menjadi event organizer. Enggak tanggung-tanggung levelnya bisa sampai skala nasional lho.

Selain jadi panitia suatu acara, banyak sekali benefit yang didapat saat saya tergabung di organisasi, forum atau klub minat bakat, misal nambah teman. Selain itu, saya bisa menikmati jalan-jalan sekaligus observasi. Pernah nih suatu ketika, organisasi saya (UKM Rekayasa Teknologi) melakukan observasi ke Desa Srandakan (Bantul) di mana sebagian besar masyarakatnya menghasilkan tahu. Melalui tur desa, saya dan rekan-rekan diajak berkeliling ke beberapa pembuat tahu skala mikro. Saya mengamati proses pembuatan tahu, teknologi yang mereka gunakan, sembari bertanya kendala-kendala apa yang dihadapi mereka. Dari sana saya belajar banyak hal. Sungguh, kegiatan seperti ini masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Diskusi antara pemuda (mahasiswa) dan masyarakat  untuk mencari solusi terhadap suatu hal. 

Jalan-jalan, observasi, dan diskusi inilah kegiatan yang saya lakukan saat senggang.

Itu dulu. Sekarang? Akhir-akhir ini saya lebih suka mantengin internet buat cari inspirasi menulis di blog, sembari dikit-dikit belajar tutorial apa gitu. Membaca buku (kadang-kadang). Nonton film dan animasi (kalau bagus buat bahan review di blog). Ikut kajian keagamaan, seminar, workshop, talkshow, dari yang gratisan sampai berbayar.

Okay,berikut saya list saja deh hal-hal apa yang biasa saya lakukan kala senggang :

  • Jalan-jalan sekaligus observasi (saya suka mengamati suatu hal dan bertemu orang-orang baru)
  • Diskusi mengenai suatu hal
  • Membaca buku atau novel
  • Mampir ke perpustakaan atau toko buku
  • Menonton film atau animasi
  • Mensukseskan suatu event (kepanitiaan organisasi)
  • Ikut workshop, seminar, talkshow, training, dan sebagainya
  • Menulis di blog
  • Ikut writing competition (entah dalam bentuk esai, cerpen, blog)
Inilah kegiatan-kegiatan yang saya lakukan saat senggang. Membangun kapasitas diri melalui seminar, talkshow dan workshop adalah salah satu cara yang saya tempuh.

Daripada ngejomblo bulukan di kos, mending saya ikut seminar, talkshow atau workshop kan? Lebih bermanfaat kan? Nah kebetulan pada kesempatan ini (Jumat, 30 Oktober 2015) saya mengikuti sesi diskusi dalam bentuk Talkshow #CorakTanahPapua yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Papua UGM dan bertempat di salah satu gedung Fisipol UGM lantai 2. Saya mengikuti 2 kegiatan hari itu, mulai dari Talkshow PAPUA DI MATA JOGJA hingga pemutaran Film (The Mahuze's). Ada hal menarik yang ingin saya ceritakan. Simak di postingan berikutnya ya?

11 komentar:

  1. Ternyata sosok remaja yang aktif dan smart dalam komunitas apapun. Generasi muda yang bersemangat keren :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah mbak. Ya kudu gitu. Makasih :D

    BalasHapus
  3. memanfaatkan waktu senggang biar waktu yang dilewatin jadi lebih ada isinya yah :D
    Kalo aku sih waktu senggang paling dipake buat ngeblog dan jalan-jalan di blog orang kaya skg hihii

    BalasHapus
  4. Kalo aku ada waktu senggang, ya buat tidur. Hehehe

    BalasHapus
  5. setuju banget selagi masih mudah isi waktu luang dengan hal-hal yang bisa jadi investasi di masa mendatang sama jangan lupa juga istirahat di waktu luang biar makin seger :D

    BalasHapus
  6. Emak-emak beda ya sama aktivis mahasiswa... hihihiii

    Paling yang sama baca novel sama nge-blog

    BalasHapus
  7. Kesibukan saya urusan rumah tangga dari pagi hingga menjelang tidur hehehe.
    Jadi pengen muda lagi, hiks..

    BalasHapus